About

Search This Blog

Tuesday 6 November 2012

Cara Mengaktifkan Macro pada Ms Office


Sore ini ane di buat pusing sama macro di excel -_- biasanya kalo membuat file yang berisi macro maka file disimpan dalam format macro-enabled (Word 2007 Macro-Enabled Document atau Excel 2007 Macro-Enabled Workbook) berekstensi docm atau xlsm. Jika kita akan membuka file jenis ini, maka security pada Microsoft Office harus disetting pada keadaan low/enable, agar dapat menjalankan macro.

Bagi yang masih memakai Office 2003, untuk mengaktifkan macro caranya mudah yaitu pada menu Tools pilih Options, pilih tab Security, pada bagian bawah Macro Security, klik Macro Security dan pilih yang Low. Kemudian tutup / close dan buka kembali file macronya dan macro siap dijalankan.
Sedangkan untuk menampilkan toolbar visual basic editor dan control toolbox, klik menu View, pilih Toolbars pilih Visual Basic dan Control Toolbox.
Pada Excel 2007, untuk mengaktifkan macro, caranya klik Office Button, lalu pilih Word/Excel Options
klik Trust Center, klik Trust Center Settings,


pilih macro settings, dan klik enable all macros (pilihan no.4) lalu klik OK.


Untuk menampilkan Control Toolbox dan Visual Basic, caranya klik Office Button (pojok kiri atas) pilih  dan klik tab Popular dan pilih  Show Developer tab in the Ribbon lalu klik OK

Setting di atas adalah untuk Office 2010, untuk Office 2007, klik Tab File di ganti dengan klik Ribbon

Atau pada saat membuka file yang mengandung macro, secara default akan di-disable oleh Excel, jika ingin diaktifkan, bisa langsung diaktifkan di message bar yang muncul sesaat setelah file terbuka.

Lihat gambar:

message bar macro

Note : Jika masih belum bisa juga , silahkan close file document anda dan buka kembali :)

0 komentar:

Post a Comment