About

Search This Blog

Friday 27 July 2012

Tutorial Konfigurasi Load Balancing di Mikrotik

Halo kawan imam 77 , masih semangat yah puasanya :)
Kali ini ane coba share tentang load balancing di mikrotik , Buat yang belum mengerti apa itu Load Balancing ,

Load balance pada mikrotik adalah teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi.

Selama ini banyak dari kita yang beranggapan salah, bahwa dengan menggunakan loadbalance dua jalur koneksi , maka besar bandwidth yang akan kita dapatkan menjadi dua kali lipat dari bandwidth sebelum menggunakan loadbalance (akumulasi dari kedua bandwidth tersebut). Hal ini perlu kita perjelas dahulu, bahwa loadbalance tidak akan menambah besar bandwidth yang kita peroleh, tetapi hanya bertugas untuk membagi trafik dari kedua bandwidth tersebut agar dapat terpakai secara seimbang.

Berikut ini adalah Step By Step Konfigurasi Mikrotik Load Balancing 2 koneksi Speedy ( selanjutnya kalau anda mau gunakan untuk setting 3 Speedy, 5 koneksi WAN, dll tinggal menambahkan koneksi WAN seperti halnya mengunakan 2 koneksi WAN ). Pada tutorial ini kita mengunakan Mikrotik RouterBoard RB750 yang memiliki 5 buah Port Ethernet, yang mana kita akan gunakan 3 Port ini dengan nama LAN, WAN1 dan WAN2Sebagai acuan tutorial ini, kita dapat membaca Mikrotik Wiki link dibawah ini :

http://wiki.mikrotik.com/wiki/Per-Traffic_Load_Balancing

http://wiki.mikrotik.com/wiki/Load_Balancing_over_Multiple_Gateways

http://wiki.mikrotik.com/wiki/NTH_load_balancing_with_masquerade

http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Load_balancing_multiple_same_subnet_links

Okelah kalau begitu kita dapat mulai konfigurasi Mikrotik kita sebagai berikut :

NOTES / CATATAN KHUSUS :

Mikrotik itu adalah Device yang dinamis, artinya jangan menyamakan Mikrotik dengan SWITCH yang cukup di colokin aja udah berfungsi gak perlu di utak-atik lagi. Jadi Mikrotik itu perlu di pantau / monitor, di update Bandwith Manajemen sesuai kebutuhan. Perlu di pantau juga adalah ATTACK dari luar apa tidak. Apakah ada Script atau konfigurasi Firewall Protection yang lebih baru apa tidak. Jika kita malas untuk belajar Mikrotik maka kita tidak akan mendapat kemudahan dari Mikrotik ini…



Buat Kalian yang Mau Tau dan Paham Lebih dalam Lagi tentang MIKROTIK , Kami menyediakan Video Tutorial Mikrotik Full Bahasa indonesia dan Mudah di mengerti :)

Silahkan ke sini :

KLIK DISINI

0 komentar:

Post a Comment