About

Search This Blog

Friday 27 May 2011

Rahasia Cara menghilangkan Nick Name di Yahoo Messenger

saya kali ini akan memberikan cara untuk menghilangkan nickname di chat room yahoo messenger. Cara ini saya klaim merupakan cara termudah dan tersimple yang pernah saya dapatkan dan tidak memerlukan script apalagi software-software sejenis, tidak pula mengharuskan ada mengubah-ubah setting yahoo anda ke settingan bahasa china atau yahoo mainland. 

Sekedar peringatan. Cara ini hanya berlaku jika anda menggunakan official yahoo messenger chat client atau yahoo messenger biasa. Maksudnya adalah, jika teman anda atau anda menggunakan yahoo messenger chat client selain yang biasa, maka cara ini akan mandul alias tidak berfungsi, karena kebanyakan dari chat client semisal, yahelite, ymlite, yam, jam, NO5, yahaven, yazak, yhook, dan sejenisnya tidak menyertakan nickname dalam chat room mereka, hanya menggunakan username atau id asli. Hal inilah yang menjadikan nickname anda yang telah dihilangkan menjadi tidak bekerja sebagaimana yang diharapkan. Akan tetapi jangan khawatir, karena sejauh pengetahuan saya, para chatter lebih banyak menggunakan software chat client yang asli buatan yahoo atau official dibandingkan dengan unofficial.

Nah berikut langkah langkah yang musti anda lakukan untuk mengubah nickname anda menjadi kosong atau menghilang. Pertama-tama, agar lebih mudah, loginlah ke dalam yahoo messenger chat client secara biasa. Lebih baik gunakan yang official atau yahoo messenger biasa. Lalu pergilah ke account edit profile anda melalui cara yang pernah saya berikan dulu (Cara mengganti nickname). Setelah anda masuk ke browser dan mendapati page atau halaman untuk mengganti nickname lakukan langkah simple berikut:

Masukkan tanda & kedalam kolom nickname anda. Ingat hanya tanda “&” saja tanpa diikuti embel embel apapun. Nah setelah itu klik save untuk menyimpan hasil editing nickname anda tersebut. Kemudian check lah hasil pergantian nickname anda ini ke dalam chat room yahoo messenger. Caranya masuk ke chat room dan lihatlah apakah nickname anda sudah menghilang. Biasanya ditandai dengan nickname kosong dibagian paling atas di list nickname sebelah kanan windows chat room. Nah secara ajaib nickname anda telah menjadi hilang alias kosong. Mudah banget bukan? Simple dan gampang.

Namun cara ini memiliki kelemahan yang cukup signifikan. Kelemahan yang cukup riskan adalah jika ada orang lain atau username lain yang menggunakan cara yang sama dengan anda alias nicknamenya juga dikasih tanda “&”. Hal ini secara otomatis akan ditandai oleh yahoo messenger sebagai duplicated nickname sehingga alih-alih nickname kosong yang diharapkan didapat, malah yang terjadi username anda akan berubah kelihatan dengan tanda kurung: (username) contoh: (jangkrik_mati). Demikian pula yang terjadi pada username lawan yang memiliki nickname yang sama.

Untuk menghindari kejadian ini, anda harus melakukan perubahan lagi ke nickname yang lebih unik atau tidak sama. Seperti langkah diatas, pergi lagi ke halaman untuk mengganti nickname dan tambahan tanda “&” lebih banyak lagi, misalnya nickname anda menjadi “&&&&&&&&”. Nah hal tersebut akan menghindari terjadinya duplicated nickname di chat room.

Setelah anda menghilangkan nickname anda ini, maka anda bisa mencoba beberapa trik yang pernah saya berikan di artikel yang dahulu semisal mencoba untuk mengkloning nickname teman anda. Membuat status joined room atau leaved room palsu. Membuat peringatan awal join room palsu (seperti You are in Yogyakarta:20 [bla bla bla]). Trik mencloning ini hanya dibutuhkan script html biasa saja seperti anda mengedit halaman html di web atau blog anda. Anda bisa juga mendapatkan clonning script dan sejenisnya di [Yahoo Nickname Clone Script]

Jika anda ingin mengkopi atau menyebarkan artikel ini, mohon dengan sangat cantumkan link blog ini di awal atau di akhir artikel anda sebagai referensi dan penghormatan atas hak cipta dalam bentuk tulisan dan jangan melakukan editing atau perubahan sama sekali pada tulisan maupun link yang ada disini. Untuk link blog ini: silahkan copi paste script html blog ini di widget atau side bar yang telah saya sediakan.

Saya cukup sedih dan prihatin mengingat banyak sekali blog atau forum yang mengkopi paste tulisan-tulisan saya di blog ini namun ternyata tidak mencantumkan dari mana dia mendapatkannya, bahkan terkadang nama saya di akhir artikel yang sering saya gunakan sebagai penutup pun di hapus [Ingin menghilangkan jejak mungkin].

Saya sudah sering memperingatkan beberapa blog yang berlaku demikian dan meminta mereka memberikan backlink, baik ke halaman depan blog ini maupun ke artikel yang bersangkutan, ada yang dengan senang hati menambahkan, bahkan dengan besar hati meminta maaf [good point for you guys!! You have beautiful heart!!], ada juga yang terpaksa [dengan ngomel-ngomel dulu misalnya] atau bahkan sama sekali tidak menindaklanjutinya [cuek, gak peduli].

Sayangnya, karena keterbatasan tertentu saya tidak mungkin mengecek dan memperingatkan satu persatu semua blog atau forum yang menkopi paste tulisan saya tanpa referensi tersebut. Beberapa blog masih saya biarkan mengkopi paste tanpa ada referensi sama sekali. Sekali lagi, Saya prihatin dan sedih melihat kenyataan ini. Mohon pengertiannya.

Sebagai bocoran. Artikel ini pernah saya tulis dalam bahasa inggris di [Secret of Disappearing Nickname in Chat Room Yahoo Messenger] (walaupun dengan kemampuan bahasa inggris yang minim dan penuh kesalahan gramar atau kata disana-sini, minimal dengan menulis dengan bahasa inggris, sampai sekarang belum ada yang kopi paste mentah mentah tulisan saya tersebut). Saya cukup bersyukur.

0 komentar:

Post a Comment