About

Search This Blog

Tuesday 3 May 2011

Tips Menjadi Pintar Matematika

Matematika menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar pelajar, kenapa demikian ? Sebenarnya matematika tidak sulit, justru sebaliknya para pelajarlah yang sulit untuk belajar matematika, mungkin karena kesalahan dalam metode pembelajarannya. Cara belajar yang salah akan berakibat fatal bahkan bisa "memusuhinya".

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi pintar Matematika :
1. Hilangkan prasangka negatifSeringkali kita sudah berprasangka negatif terhadap pelajaran matematika, yang sebagian besar berasal dari cerita, pengalaman dan perkataan orang lain. Hal-hal negatif dari luar tersebut dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar kita menjadi antipati atau bahkan "memusuhi" pelajaran matematika.
Hilangkan prasangka buruk yang tidak beralasan. Yakin bahwa semua ilmu yang anda pelajari di sekolah akan berguna dalam kehidupan anda kelak.

2. LatihanIlmu matematika tidak dapat dipelajari dengan cara membaca bukunya saja. Ambil kertas dan alat tulis lalu kerjakanlah latihan yang ada. Bila kurang yakin dengan hasil kerja kita, kerjakanlah soal yang sudah ada jawabannya yang bisa menjadi alat ukur hasil pekerjaan kita. Ulangilah soal yang pernah dikerjakan supaya lebih memahami. Lakukan latihan secara teratur tidak perlu lama-lama yang penting terus-menerus. Dengan demikian hasil latihan akan lebih mengkristal dalam otak kita, dan logika kita akan semakin terasah. 

3. Minta bimbingan orang yan lebih tahuBimbingan langsung dengan cara tatap muka adalah cara yang paling baik pada saat kita belajar. Kita akan tahu tips dan trik untuk menyelesaikan masalah dengan lebih mudah dan lebih cepat. Pembimbing yang baik juga akan membuat kita lebih bersemangan, serta dapat mengarahkan latihan pada hal-hal di mana kita lemah.

1 comment: