About

Search This Blog

Monday 3 June 2013

Cara membuat DHCP Server pada Windows Server 2003

Dynamic Host Configuration Protocol (DCHP) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.

Dibawah ini akan dijelaskan langkah-langkah cara setting DHCP server di Windows 2003
Cara install DHCP server di Windows 2003 sangat mudah dengan melalui "Manage Your server" wizard.Bukan "Manage your server" pilih DHCP server kemudian klik next dan anda akan ditanya nama dan descripsi untuk cakupan network




Window selanjutkan akan menanyakan cakupan ip address dan subnet mask, masukkan dengan benar kemudian klik next.

Dalam contoh IP dari Router adalah 10.0.0.150, karena IP router di dalam range 10.0.0.100 - 10.0.0.200 maka harus di definisikan sebagai ip exclude.

Batas waktu penyewaan alamat IP yang diberikan kepada DHCP client oleh DHCP Server.

Sekarang anda akan di beri pilihan untuk mengkonfigurasi cakupan DHCP  sekarang atau nanti, jika anda memilih Yes akan tampil range IP address yang telah di buat,apabila anda memilih No anda akan mengkonfigurasinya lain waktu.

Untuk memasukkan IP dari Router atau Gateway.

Untuk memasukkan IP dari DNS atau Domain Name System.


Jika Jaringan anda menggunakan WINS silahkan isi di sini, kalau tidak silahkan klik next.

Untuk mengaktifkan scope yang telah anda buat.


Sekarang DHCP Server telah aktif, sekarang tinggal mencoba menghubungkan komputer client ke jaringan, apabila komputer client telah mendapat IP address maka DHCP server telah berjalan dengan baik, untuk konfigurasi selanjutnya terserah anda,
Apabila anda ingin melakukan perubahan atau penambahan anda dapat melakukannya dengan mudah, selamat mencoba.
 

Note : Jangan Lupa di Klik kanan pada DHCP yang anda buat , pilih Authorized :)

0 komentar:

Post a Comment