About

Search This Blog

Saturday 22 June 2013

Sejarah Perkembangan Prosesor




Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache (dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)
Berawal di tahun 1936, Konrad Zuse mengembangkan komputer Z1 yang merupakan komputer pertama yang dapat di program secara bebas. Tonggak sejarah berlanjut di Hardvard pada tahun 1944, Howard Aiken & Grace Hopper mengembangkan Harvard Mark I Computer. Akhirnya komputer ENIAC 1 yang terdiri dari 20,000 tabung elektronik memenuhi ruangan yang cukup besar dibuat oleh John Presper Eckert & John W. Mauchly di tahun 1946. Di masa perang dunia ke dua tersebut, konsep processor di kembangkan dengan mengandalkan tabung elektronik yang membutuhkan ruang yang besar.
 Dengan di temukannya transistor di tahun 1947 di Bell Labs, Amerika Serikat, dan kemudian rangkaian terintegrasi yang dikenal sebagai “chip” di tahun 1958 oleh Jack Kilby dan Robert Noyce, dunia komputer mengalami perkembangan yang amat sangat pesat karena dimungkinkan mengemas demikian banyak sakelar dalam sebuah keping silikon yang kecil seluas beberapa milimeter persegi.
Otak sebuah komputer biasanya dikenal sebagai pemroses data (processor), karena bentuknya yang kecil lebih sering di sebut sebagai prosesor mikro, atau mikroprosesor. Faggin, Hoff dan Mazor dari Intel di tahun 1971 mengembangkan mikroprosesor pertama di dunia, dan diberi kode Intel 4004. Microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati. Pada tahun 1972 Microprocessor 4004 mengalami perkembangan menjadi Microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari 4004.
Keberadaan microprocessor semakin berkembang ditahun-tahun berikutnya. Paradigma konsep komputer desktop mulai muncul ketika komputer mikro Apple I, II, TRS 80 mulai beredar tahun 1976-1977. Dengan memory 64Kbyte serta monitor televisi sederhana, penemuan jenius yang berawal dari garasi ini ternyata dikemudian hari akan menyapu bersih konsep-konsep komputer mainframe yang waktu itu di kuasai oleh IBM.

0 komentar:

Post a Comment