About

Search This Blog

Thursday 6 June 2013

Kriptografi

Assalamualaikum wr wb..
Apa kabar sahabat core I7...?Pasti baik kan..

Ok pada kesempatan kali ini kami akan men-share tentang kriptografi, semua hacker wajib mengetahui apa itu kriptografi dan bagaimana menggunakannya. Kalau begitu langsung aja baca artikelnya di bawah sobat.



Kriptografi (cryptography) merupakan ilmu dan seni penyimpanan pesan, data, atau informasi secara aman. Kriptografi (Cryptography) berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata Crypto dan Graphiayang berarti penulisan rahasia. Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari penulisan secara rahasia. Kriptografi merupakan bagian dari suatu cabang ilmu matematika yang disebut Cryptology. Kriptografi bertujuan menjaga kerahasiaan informasi yang terkandung dalam data sehingga informasi tersebut tidak dapat diketahui oleh pihak yang tidak sah.


Dalam menjaga kerahasiaan data, kriptografi mentransformasikan data jelas (plaintext) ke dalam bentuk data sandi (ciphertext) yang tidak dapat dikenali. Ciphertext inilah yang kemudian dikirimkan oleh pengirim (sender) kepada penerima (receiver). Setelah sampai di penerima, ciphertext tersebut ditranformasikan kembali ke dalam bentuk plaintext agar dapat dikenali.
Berikut ini beberapa terminologi dasar dari kriptografi serta hal-hal yang berkaitan dengan terminologi tersebut,
Kriptografi memungkinkan beberapa operasi atau proses terhadap data. Dua buah operasi dasar adalah enkripsi (dengan dekripsi sebagai proses balikannya) dan signing (dengan verifikasi dari signature sebagai proses balikannya). Enkripsi analog dengan memasukkan surat kedalam sebuah amplop sedangkan dekripsi analog dengan membuang amplop dan mengambil data. Signature analog dengan pemberian tanda-tangan terhadap sebuah dokumen dan penanda bahwa dokumen tersebut tidak berubah dari aslinya.
Kriptografi sesungguhnya merupakan studi terhadap teknik matematis yang terkait dengan aspek keamanan suatu sistem informasi, antara lain seperti kerahasiaan, integritas data, otentikasi, dan ketiadaan penyangkalan. Keempat aspek tersebut merupakan tujuan fundamental dari suatu sistem kriptografi.

1. Kerahasiaan (confidentiality)
Kerahasiaan adalah layanan yang digunakan untuk menjaga informasi dari setiap pihak yang tidak berwenang untuk mengaksesnya. Dengan demikian informasi hanya akan dapat diakses oleh pihak-pihak yang berhak saja.

2. Integritas data (data integrity)
Integritas data merupakan layanan yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pengubahan informasi oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. Untuk meyakinkan integritas data ini harus dipastikan agar sistem informasi mampu mendeteksi terjadinya manipulasi data. Manipulasi datayang dimaksud di sini meliputi penyisipan, penghapusan, maupun penggantian data.

3. Otentikasi (authentication)
Otentikasi merupakan layanan yang terkait dengan identifikasi terhadap pihak-pihak yang ingin mengakses sistem informasi (entity authentication) maupun keaslian data dari sistem informasi itu sendiri (data origin authentication).

4. Ketiadaan penyangkalan (non-repudiation)
Ketiadaan penyangkalan adalah layanan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyangkalan terhadap suatu aksi yang dilakukan oleh pelaku sistem informasi.

Mungkin segitu saja pengertiannya sobat, jika kami mendapatkan ilmu kriptografi lanjutan, kami akan men-sharenya lagi.
Semoga bermanfaat dan salam COREI7...

0 komentar:

Post a Comment