About

Search This Blog

Thursday 27 June 2013

Program Pascal


Pascal   adalah bahasa tingkat tinggi (High Level Languange) yaitu bahasa pemrograman yang mudah dipahami oleh bahasa manusia. Pascal merupakan bahasa yang terstruktur tersusun atas sejumlah blok. Blok-blok yang kecil selanjutnya dapat dapat dipakai untuk membuat blok yang lebih besar. Blok ini lebih dikenal dengan sebutan subprogram, yang dibedakan atas prosedur dan fungsi. Pascal Pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971.




Pascal adalah bahasa pemograman tingkat tinggi karena pascal adalah bahasa pemograman yang terstruktur . Bahasa PASCAL pertama kali dikembanagkan pada tahun 70-an oleh NICLAUS  WIRTH di TECHNICAL UNIVERSITY . Zurich-swiss . Nama PASCAL diambil dari nama seortang ahli matematika bangsa prancis , yaitu BLEISE PASCAL yang telah berjasa menemukan alat itu mekanis pertama didunia pada abad ke 17 .



Bahasa pemograman ini termaksud katagori ( high Level language) . Instruksi2 yang digunakan dalam bahasa pemograman ini sangat sistematis dan terstruktur . Pada awal nya bahasa pemograman ini diperkenalkan dengan tujuan untuk menjelaskan masalah pemograman komputer bagi mahasiswa yang belajar pemograman komputer . Ternyata dalam waktu singkat , bahasa pemograman ini menjadi salah stu bahasa yang sangat populer dikalangan universitas , sehingga menjadi julukan sebagai bahasa universitas .



Mulai dari awal perkembangan nya hingga saat ini banyak sekali jenis bahasa pemograman ini , masing2 merupakan hasil pengembangan nya , antara lain :

-          UCSD Pascal

-          Microsoft Pascal

-          Apple Pascal

-          Turbo Pascal dll .

Diantara versi-versi yang ada, Turbo Pascal merupakan versi yang sangat populer saat ini.

Adapun tampilan Turbo Pascal :

Menu Turbo Pascal

dari gambar diatas kita bisa lihat di Turbo Pascal memiliki 7 buah menu utama yang terdiri dari : File, Edit, Run, Compile, Options, Debug, dan Break / Watch. Untuk memilih salah satu dari menu itu anda  bisa menekan tombol Alt + F (untuk memanggil menu file), atau menekan Alt + [huruf pertama dari menu]. Jika anda  ingin kembali ke menu utama anda bisa saja menekan tombol F10, untuk pindah dari menu satu ke menu yang lain anda juga bisa menekan panah kanan (à) atau panah kiri (ß). Contohnya ketika anda berada di menu File maka untuk pindah ke menu Compile anda cukup menggunakan tombol panah kanan (à) atau panah kiri (ß), dan anda juga bisa langsung menekan huruf C. Untuk menutup menu  anda bisa menggunakan tombol Esc.


Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah:

  • Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string,
  • User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
  • Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
  • Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
  • Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.


Kekurangan bahasa pascal
 :

  • Versi awal Pascal kurang cocok untuk aplikasi bisnis karena dukungan basisdata yang terbatas.
  • Sintaks Pascal terlalu bertele-tele
  • Tidak mendukung pemrograman berorientasi objek
  • Pascal tidak fleksibel dan banyak kekurangan yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi yang besar.


0 komentar:

Post a Comment