About

Search This Blog

Friday 26 June 2009

iPod Picu Serangan Jantung

NEW ORLEANS - Bagi penderita jantung yang memasang alat pacemaker di tubuhnya untuk menstabilkan denyut jantung, mesti berhati-hati dalam menggunakan alat pemutar musik digital semacam iPod. Karena iPod dapat menyebabkan serangan jantung mendadak.


Menaruh iPod di saku baju atau mengalungkannya di leher ternyata berbahaya bagi penderita jantung yang memasang alat pacemaker di tubuhnya. Ternyata gelombang eletromagnetik yang dihasilkan oleh iPod dapat membuat si penderita terserang penyakit.

"Barang sejenis iPod atau handphones mengandung banyak magnet, tekanan dari magnet tersebut yang dapat berbahaya," urai Dr William Maisel Kardiologist dari Medical Center di Boston, seperti dilansir Associated Press (AP), Senin (10/11/2008).

Menurut Dr Maisel, pacemaker yang ditanam di dalam tubuh sangat rentan terkena gelombang magnet yang dihasilkan oleh iPod. Karena, alat pacemaker yang kecil hanya beberapa inci, sangat sensitif bagi pemakai pacemaker.

Di seluruh dunia tercatat terdapat dua juta pengguna alat pacemaker. Untuk itu Dr Maisel meminta untuk pengguna pacemaker agar berhati-hati.

Selain iPod, bluetooth yang ada di dalam telepon seluler juga dapat mengancam jiwa seseorang jika ditangani dengan tidak benar. Karena bluetooth juga mempunyai tingkat radiasi yang cukup tinggi.

0 komentar:

Post a Comment