About

Search This Blog

Friday 26 June 2009

Makan Daging Terlalu Masak Sebabkan Kanker Pankreas

WASHINGTON - Anda yang suka menyantap daging yang terlalu matang patut berhati-hati. Pasalnya daging yang dibakar dengan suhu tinggi, apalagi jenis daging merah bisa meningkatkan resiko kanker pankreas hingga 60 persen.

Hal ini dikemukakan oleh Kristin Anderson, peneliti dari University of Minnesota, "Kami menyarankan agar konsumen tidak memasak daging dalam suhu yang sangat tinggi karena hal itu akan memicu perkembangan kanker pankreas," ujarnya seperti yang dilansir dari Reuters, Minggu (26/4/2009).
Dalam studi ini, Anderson beserta timnya menyimpulkan bahwa daging yang digoreng, dipanggang atau dibakar terlalu matang akan menghasilkan berbagai zat kimia pemicu kanker, termasuk salah satunya adalah heterocyclic amines.

Anderson melakukan survei terhadap 62.581 orang sehat. Dalam kurun waktu sembilan tahun Anderson mengamati kebiasaan makan mereka. Ternyata, dalam jangka waktu tersebut ditemukan sebanyak 208 kasus pankreas.

"Mereka yang lebih sering mengonsumsi daging yang sangat matang beresiko 60 hingga 70 persen lebih tingggi terserang kanker pankreas ketimbang mereka yang lebih jarang mengkonsumsinya," kata Anderson.

0 komentar:

Post a Comment