About

Search This Blog

Friday 26 June 2009

Orang Mesir Manfaatkan Wine untuk Pengobatan

KAIRO - Minuman anggur juga bisa bermanfaat bagi dunia kesehatan. Riset terbaru mengungkapkan metode pengobatan penyakit dengan memanfaatkan minuman anggur telah umum digunakan oleh kalangan masyarakat Mesir kuno sejak 5.000 tahun lalu.

Masyarakat tradisonal zaman dahulu umumnya menggunakan beragam jenis tanaman herbal untuk penyembuhan macam-macam penyakit. Begitu juga dengan orang Mesir kuno,


mereka sangat terkenal akan penggunaan produk organik untuk pengobatan dan kesehatan, salah satunya adalah minuman anggur.

Dilansir dari Telegraph, Selasa (14/4/2009), para ilmuwan telah meneliti sisa minuman anggur yang berasal dari dua botol minuman yang tersisa dari zaman awal dan akhir Mesir kuno.

Botol minuman yang diperkirakan telah ada sejak 3.150 tahun sebelum masehi tersebut ditemukan pada kuburan Raja Mesir pertama, Scorpion. Selain itu ditemukan pula beragam herbal seperti balsem, ketumbar, daun mint, pinus dan damar. Berbagai penemuan tersebut disinyalir sebagai properti pengobatan zaman Mesir kuno.

Minuman anggur lain diduga berasal dari abad keempat dan enam setelah Masehi ditemukan pada situs Gebel Adda di selatan Mesir. Jenis amphora ini ditemukan terbalut getah pinus dan tanaman wewangian jenis rosemary.

Dari tulisan kuno yang tertulis pada daun papyrus yang ditemukan, terdapat informasi bahwa berbagai herbal dan minuman anggur tersebut digunakan untuk mengobati beragam penyakit, dari mulai sakit perut hingga penyakit herpes.

Dr. Patrick McGovern, dari University of Pennsylvania, beserta tim peneliti lainnya melaporkan temuan ini dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Pada jurnal tersebut tertulis bahwa minuman anggur dan jenis minuman beralkohol lain sangat baik digunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit dalam maupun luar.

0 komentar:

Post a Comment