About

Search This Blog

Friday 26 June 2009

Orang Gemuk Berumur Panjang

Akhirnya ada kabar baik bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Mereka yang gemuk berpotensi panjang umur dibandingkan dengan orang kurus.

Kesimpulan ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Buruh Jepang. Hasil studi mengatakan orang-orang dengan kelebihan berat badan di usia 40 tahun akan berumur panjang. Demikian keterangan yang dikutip dari Times of India, Jumat (19/6/2009).

Namun bagaimanapun, hubungan antara berat fisik dengan tingkat ekspektasi hidup masih belum jelas. Studi yang dilakukan oleh Shinichi Kuriyama, profesor dari Tohoku University baru merupakan hasil penelitian awal dan akan dikembangkan lebih jauh lagi.

"Orang-orang mungkin masih berpikir dua kali untuk memperpanjang umur mereka dengan menambah berat badan. Sebenarnya baik orang kurus maupun gemuk memiliki keutamaan masing-masing," kata Shinichi.

Studi ini melibatkan 50.000 orang yang terdiri dari pria dan wanita berusia 40 tahun keatas selama kurun waktu 12 tahun. Ilmuwan mempelajari kondisi fisik para partisipan serta menganalisa berapa lama mereka bertahan hidup setelah melewati usia 40 tahun. Kemudian, mereka dikelompokkan berdasarkan indeks masa tubuh atau body mass index (BMI).

Pria berusia 40 tahun dengan berat badan lebih atau BMI antara 25 hingga 30 rata-rata memiliki kesempatan hidup lebih panjang 41,64 tahun. Untuk wanita, kesempatan hidup mereka lebih besar lagi. Wanita gemuk berusia 40 tahun memiliki waktu hidup lebih lama 48,05 tahun.

0 komentar:

Post a Comment