About

Search This Blog

Friday 26 June 2009

Manfaat Musik Bagi Bayi Prematur

ALBERTA - Musik sudah sering digunakan untuk berbagai metode penyembuhan penyakit, baik fisik maupun psikis. Penelitian terbaru dari University of Alberta mengungkapkan, musik dapat mengurangi rasa sakit dan merangsang bayi prematur untuk meminum air susu ibu (ASI) lebih banyak.

Asisten Profesor Klinis Divisi Neonatal Departmen Pediatrik Dr Manoj Kumar, di Universitas Alberta, menemukan bukti yang menjelaskan, bahwa musik memiliki efek yang bermanfaat bagi bayi prematur. Musik memberikan pengaruh poisitif dalam parameter psikologis, tingkah laku, dan mengurangi sakit selama dalam masa pengobatan.

"Musik juga dapat memperbaiki cara dan pola minum ASI pada bayi prematur yang memiliki kesulitan peralihan makan melalui mulut," ujar Kumar seperti yang dikutip dari Health Day, Jumat (29/5/2009).

Kumar menambahkan, keuntungan ini bisa menjadi sumber kekebalan tubuh si bayi dan menjaganya agar tetap sehat pada masa peralihan awal menyusui.

Bersama timnya Kumar meneliti bayi-bayi prematur yang baru lahir dan kesakitan saat menjalani perawatan medis. Setelah memperdengarkan musik, peneliti melakukan tes kesehatan pada bayi-bayi itu yang meliputi detak jantung, tingkat pernapasan, konsumsi oksigen dan tingka rasa sakit.

Ternyata hasilnya sangat positif, musik terbukti mampu menyeimbangkan detak jantung, tingkat pernapasan, asupan oksigen dan mengurangi rasa sakit bayi prematur.

Studi ini juga menemukan bahwa bayi yang berkarakter lebih tenang, memiliki kondisi psikologis yang lebih stabil. Hal ini berdampak baik pada tingkat detak jantung dan asupan oksigen.

0 komentar:

Post a Comment