About

Search This Blog

Friday 26 June 2009

Mengganti Nikotin Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok

LONDON - Terapi penggantian nikotin dapat membantu perokok menghentikan kebiasaan merokok, bahkan ketika mereka masih berpikir belum siap untuk berhenti merokok.

Perokok yang belum ingin berhenti merokok tapi sedang bersiap untuk keluar dari kebiasaanya, dua kali lebih cepat bisa menghentikan kebiasaannya,

jika mereka melakukan terapi penggantian nikotin secara bertahap, demikian laporan peneliti dari University of Birmingham, seperti dikutip melalui Reuters, Jumat, 3/4/2009).

"Sampai saat ini para ahli sering menggunakan metode yang instan agar perokok langsung menghentikan kebiasaannya," ujar Paul Aveyard.

"Padahal, alangkah lebih baik menasehati mereka untuk mengurangi kebiasaan merokok secara bertahap, cara ini akan lebih efektif daripada menyuruh mereka untuk langsung menghentikannya," tambahnya.

Yang perlu diketahui, merokok telah lama menjadi salah satu penyebab terbesar penyakit dan kematian dini di seluruh dunia. Bahkan di Inggris, berdasarkan data dari lembaga Kesehatan Nasional, biaya pengobatan penyakit akibat rokok mencapai 1,4 hingga 1,7 miyar poundsterling setiap tahunnya.� �

Menurut ahli, meski setiap tahunnya setengah orang perokok Inggris berusaha berhenti merokok, namun hanya dua hingga tiga persen yang sukses menghentikan kebiasaanya. Sementara itu hasil riset di Amerika, memperlihatkan bahwa rata-rata orang berusaha berhenti merokok sebanyak enam hingga 11 kali.

0 komentar:

Post a Comment