About

Search This Blog

Thursday 25 June 2009

Listrik dari sepatu

Jika anda kebetulan kehabisan tenaga listrik untuk menghidupi iPod anda maka gunakanlah sepatu khusus yang bisa membangkitkan energi listrik hanya dengan berjalan.

Sebuah perusahaan Jepang menemukan bahwa gerak langkah seseorang mampu menghadirkan kekuatan

listrik hingga beberapa watt, setara dengan kemampuan menyalakan iPod selama tiga jam.

Dialnsir melalui AFP, Jumat (17/10/2008), perusahaan tersebut adalah NTT Docomo, sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Jepang. Mereka mengembangkan sebuah sepatu yang dapat mengumpulkan energi listrik saat kaki anda sedang berjalan.

Sepatu tersebut memiliki generator yang berukuran cukup kecil. Setiap gerak langkah dari si pemakai akan memberikan tekanan pada sepatu yang dilengkapi dengan perekat yang akan menimbulkan pergerakan air di dalam generator tersebut. Air tersebutlah yang akan memaksa sebuah turbin kecil di dalamnya untuk bergerak dan menghasilkan energi listrik.

Sepatu futuristik tersebut dapat menghasilkan listrik sekira 1,2 watt. Listrik sebesar itu dapat menghidupkan sebuah iPod secara terus menerus, selama keduanya saling terhubung dan kaki terus bergerak.

“Kami akan meningkatkan performa temuan ini sehingga dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 3 watt karena kapasitas sebesar itu mampu memberikan tenaga tambahan untuk menghidupi ponsel,” ujar pihak NTT. Namun sayangnya, perangkat ini tidak memiliki tempat penyimpanan energi cadangan.

0 komentar:

Post a Comment